BLOG

BLOG

Sabtu, November 28, 2015

Apa itu National Football League / NFL ?

Pada artikel ini saya akan menerangkan sedikit banyak tentang apa itu NFL atau National Football League atau biasa disebut sebagai liganya sepakbola Amerika.


Di Indonesia sendiri, mungkin olahraga ini masih asing, mengingat olahraga ini tidak dimainkan disini sehingga membuat orang sedikit tau tentang NFL (mungkin ada komunitasnya, tapi tak banyak) dan kemungkinan penggemarnya masih kalah jauh sama sepakbola ala Eropa. Sepakbola Amerika ini sangat berbeda dengan sepakbola yang kita tau pada umumnya. Jika sepakbola yang kita tau adalah olahraga dengan menggunakan bola bundar yang ditendang menggunakan kaki, maka sepakbola Amerika ini menggunakan bola lonjong yang dibawa menggunakan tangan. 

Banyak orang yang belum mengerti dan mengartikan bahwa sepakbola Amerika ini hanya sekedar olahraga keras dengan membawa bola kemudian menghindari lawan dengan cara menubruk-nubrukan badan sehingga hanya mengandalkan body semata. Padahal lebih dari itu. Kekuatan fisik memang mutlak diperlukan, tapi tak akan berarti tanpa adanya kelincahan gerak, kecanggihan visi serta strategi menyerang dan bertahan yang baik.

Goal Posts (gawang) dan bola dari sepakbola Amerika


How to play ?
Cara permainan sepakbola Amerika ini sebenarnya cukup simple. Setiap tim yang mendapat giliran menyerang, diharuskan membawa bola lonjong tadi ke daerah lawan, tentunya dengan hadangan lawan. Tim yang menyerang harus ditopang dengan strategi yang jitu agar dapat melewati setiap hadangan lawan sehingga dapat meraih poin. Begitu pula dengan tim yang menghadang, harus ditopang dengan strategi bertahan yang baik agar dapat menahan laju tekanan lawan yang akan mencuri poin. Inti dari olahraga ini adalah adu strategi menyerang dan bertahan.

Posisi dimana Center akan mengoper bola melalui celah kaki, operan ini disebut Snap
Touchdown merupakan kondisi dimana penyerang dapat membawa bola ke endzone lawan
Sementara lapangannya sendiri memiliki panjang 100 yard dengan tiap 5 yard ditandai dengan garis (yard line), dimana tiap ujung lapangan disebut endzone yang merupakan daerah gawang lawan. Tim yang menyerang mendapat satu kali set menyerang sepanjang 10 yard dengan max 4 kali down. Bola yang berhasil menyentuh daerah endzone lawan, maka tim tersebut berhasil meraih touchdown dengan 6 poin.

Setelah touchdown, poin bisa ditambah dengan melakukan konversi. Terdapat dua pilihan konversi, pilihan pertama lakukan tendangan udara dengan bola harus melayang diantara dua tiang gawang untuk mendapat 1 poin tambahan maka poin bertambah menjadi 7, atau pilihan konversi kedua yakni dengan kembali membawa bola dari yard line terakhir ke daerah endzone (seperti melakukan touchdown) dan mendapat 2 poin tambahan maka poin menjadi 8. Tim pencetak gol terbanyak dalam 4 babak akan dinyatakan sebagai pemenang.

Bentuk lapangan sepakbola Amerika
Pada olahraga ini waktu merupakan hal yang sangat sakral dan penting. Hasil atau poin yang didapat bisa berubah dalam hitungan detik tergantung strategi mana yang lebih baik. So, who has the best strategy is the winner.

How about League ?
National Football League atau NFL didirikan pertama kali pada Agustus 1920 dengan nama American Professional Football Conference lalu berganti nama menjadi American Professional Football Association (APFA) pada September 1920. Kemudian APFA berganti nama menjadi NFL pada Juni 1922. Sementara itu Super Bowl pertama kali dilaksanakan pada akhir musim tahun 1967. Fyi, Super Bowl merupakan laga final sepakbola Amerika yang dilakukan pada akhir musim.

Pertandingan NFL yang mempertemukan San Francisco 49ers dengan Denver Broncos
Liga ini diikuti oleh 32 tim yang dibagi menjadi dua bagian yang disebut konferensi, yakni ada American Football Conference (AFC) dan National Football Conference (NFC) yang masing-masing kenferensi dibagi menjadi empat divisi wilayah daerah yakni Utara, Barat, Selatan dan Timur.

Musim reguler berlangsung selama tujuh belas minggu dimana tiap tim kebagian bermain sebanyak enam belas kali, termasuk enam kali melawan tim sesama divisi (home-away) dan beberapa tim dari antar divisi juga antar konferensi.

Selanjutnya pada akhir musim reguler, setiap konferensi akan menyisakan enam tim (empat tim juara divisi dan dua tim wild-card) yang akan bermain di Playoff NFL. Playoff NFL sendiri merupakan turnamen eliminasi yang hanya menggunakan satu leg yang diisi oleh dua belas tim (enam tim AFC dan enam tim NFC) yang akan diakhiri oleh kompetisi final atau Super Bowl yang akan mempertemukan juara masing-masing konferensi, AFC dan NFC.

Terdapat juga Pro Bowl, yang diadakan beberapa hari setelah Super Bowl. Pro Bowl merupakan pertandingan All-Star yang akan diikuti oleh pemain-pemain pilihan.


Team List
Seperti yang sudah diterangkan tadi, liga ini diikuti oleh 32 tim yang dibagi menjadi AFC dan NFC yang masing-masingnya dibagi lagi menjadi 4 divisi sesuai wilayah geografis, yakni Utara, Barat, Selatan dan Timur. Berikut daftar tim sesuai divisi masing-masing:

Sumber gambar: wikipedia

Player and Uniform
Sepakbola Amerika ini dimainkan oleh dua tim dan tiap timnya menurunkan 11 pemain ke lapangan. Sebenarnya setiap tim memiliki 46 pemain yang dibawa dalam satu kali pertandingan, tapi hanya 11 yang boleh turun ke lapangan. Meski begitu, tim dapat mengganti sebagian atau semua pemain sepanjang pertandingan selama waktu masih memungkinkan dan selama jeda pergerakan bola. Jadi hampir semua pemain dapat turun ke lapangan.

Diantara 46 pemain tadi terdapat pemain penyerang, pemain bertahan, dan unit khusus.

Barisan offensive line tim Dallas Cowboys
Untuk pihak penyerang terdapat: 
  • Offensive Line (OL), terdiri dari 5 pemain yang bertugas melindungi pelempar bola, dan membuka jalan bagi rekan setim yang membawa bola dengan menahan tim lawan.
  • Quarterback (QB), merupakan seorang pemain yang menerima operan bola (snap) ketika permainan dimulai (play). QB memiliki 3 pilihan, menyerahkan bola kepada pemain RB; mengoper bola ke pemain lain; atau sendirian membawa bola lari.
  • Running Back (RB), berjajar dibelakang atau disamping QB, bertugas untuk membawa lari bola. Selain itu RB juga bertugas untuk menangkap atau memblok bola.
  • Wide Receiver (WR), berdiri disisi kanan atau kiri garis dan bertugas untuk menangkap lemparan bola jauh.
  • Tight End (TE), bertugas untuk menangkap lemparan bola seperti WR, atau bisa juga melindungi QB sehingga dapat membuka ruang bagi rekan setim.
Untuk pihak bertahan terdapat:
  • Defensive Line (DL), terdiri dari 3 sampai 6 pemain yang berhadapan dengan pemain penyerang lawan, bertugas untuk menekel RB lawan yang membawa bola, juga menahan QB lawan yang akan mengoper atau melempar bola.
  • Defensive Back (DB), terbagi menjadi safeties dan cornerback. Safeties (SS dan FS) bertugas menjadi garis pertahanan terakhir dalam zona pertahanan, sementara cornerback (CB) mengisi sisi kiri dan kanan pertahanan. Dua-duanya memiliki tugas yang sama, yakni bertugas untuk menghalangi pemain lawan yang akan menerima operan bola.
  • Linebacker (LB), bertugas menerjang QB, menghalangi pemain lawan yang mungkin akan menerima lemparan, atau menghentikan pemain yang membawa lari bola.
Terdapat juga unit khusus yang bertugas hanya sebagai penendang bola, yakni:
  • Punter (P), yang bertugas melakukan tendangan punt.
  • Kicker (K), bertugas melakukan tendangan kickoff, field goal atau tendangan konversi setelah touchdown
Posisi Defense (pertahanan) dan Offense (menyerang) sepakbola Amerika

Untuk seragam, mengingat bahwa sepakbola Amerika ini merupakan olahraga yang sangat mengandalkan fisik, maka seragam yang digunakan pun harus sangat memperhatikan safety para pemainnya. Seragam sepakbola Amerika ini terdiri dari helm, baju, celana serta sepatu khusus dengan berbagai pengaman yang terpasang.

Sementara untuk nomor punggung pemain ditentukkan oleh posisi tiap pemain tersebut.
1 - 9   : Quarterback, kicker,dan  punter
10 -19: Quarterbackkickerpunter, dan wide receiver
20-49:  Running back dan defensive back
50-59:  Center dan linebacker
60-79:  Offensive line dan defensive line
80-89:  Receiver dan tight end
90-99:  Defensive line dan linebacker

Seragam tim New York Giants


Bagaimana ? Sedikit banyak sudah tau kan soal sepakbola Amerika. Di Amerika sendiri, olahraga ini merupakan olahraga paling populer dan paling banyak ditonton. Saking populernya, olahraga ini juga mengadakan pertandingan antar-perguruan tinggi dan antar-SMU. Sesuai tradisi, pertandingan antar-SMU dilangsungkan hari jumat, pertandingan antar-perguruan tinggi hari sabtu, sedangkan pertandingan profesional dilangsungkan hari minggu. Wah seru yah.

Buat kalian yang mau tau soal olahraga ini, mungkin bisa coba mulai menonton pertandingannya di televisi berlangganan atau di youtube. Atau boleh juga kalau kalian mencoba bermain game-nya. Contoh game NFL terbaik adalah Madden NFL, game keluaran EA ini merupakan salah satu game NFL terbaik dengan grafis yang keren punya.

Atau memang sudah ada yang menyukai olahraga ini sejak lama ? Apa tim NFL favorit mu ??

0 comments:

Posting Komentar